Friday 6 March 2015

Klappertart Ala Saya... ^^




Sejak seminggu yang lalu akhirnya saya memberanikan diri memulai usaha kue di Ncl ini. Banyak support tentunya dari suami dan teman2, karena saya orangnya terlalu perfeksionis kalau berkaitan soal baking. Efeknya, saya jadi tidak percaya diri dengan hasil buatan saya. Tapi, sekali lagi, berkat dorongan dari orang2 terdekat akhirnya usaha kue ini pun mulai dibangun. Mudah2an bisa berlanjut sampai saatnya nanti kami kembali ke tanah air, dan yang terpenting semoga usaha ini barokah dan bermanfaat bagi saya pribadi, keluarga saya, dan bagi orang banyak.


Tidak mudah bagi saya untuk memulai usaha, terutama soal menentukan harga. Rasa takut bila kue yang saya jual terlalu mahal membuat saya sering menjual kue2 dengan harga ala kadarnya yang tentu saja terkadang hampir tak ada sisa untuk profit/keuntungan. Tapi syukurlah saya menemukan artikel dari NCC tentang cara menetapkan harga kue. Alhamdulillah, sekarang rasanya lega walaupun tetap saya mengambil persenan profit yang terendah.

Anyway.. Setelah beberapa hari berkutat didapur, rasanya badan ini agak sedikit lelah untuk membuat sesuatu yang butuh effort. Namun atas saran mba ari, yang ngajarin saya bisnis, saya harus posting setiap hari. Karena bingung dan badan juga tidak sanggup bekerja berat, akhirnya saya memutuskan untuk membuat klappertart. Hanya 1 box saja sekedar untuk promosi dan menambah varian menu di daftar album menu, siapa tau ada yang berminat untuk order..hehe..

Resepnya saya lihat dari blognya catatan nina. Sebelumnya saya sudah beberapa kali mencoba resep ini dan hasilnya selalu memuaskan dan enak. Tapi karena saya menggunakan kelapa muda kalengan, jadi rasa kelapanya kurang nendang untuk selera saya. Jadi, untuk klappertart kali ini, resepnya saya variasikan sesuai selera saya. Susu yang ada diresep saya ganti dengan santan encer. Klappertart nya pun tidak saya panggang, karena saya tidak suka bagian putih telurnya. Sebagai gantinya, putih telur saya ganti dengan whipped cream yang kemudian ditaburi campuran bubuk kayu manis dan gula bubuk, lalu ditaburi mixed nuts yang sudah dioseng, plus potongan buah dried prune.


Karena bahan yang ada dirumah terbatas, jadi resep aslinya saya bagi 4. Sedikit sekali memang, jadinya cuma 1 aluminium box plus satu ramekin kecil. Tapi bolehlah untuk menjaga timbangan tidak terjun bebas kekanan...Hihihi...

Ini resep klappertart yang saya gunakan kali ini yang diadaptasi dari resep mba nina

Bahan I
200ml santan encer (saya menggunakan santan kalengan yang dicampur air)
50ml double cream / krim kental
1 Kaleng young coconut meat, saring, potong2.

Bahan II
50gr gula pasir
1 kuning telur
1 sdm terigu
1 sdm maizena

Topping
Mixed nuts yang sudah di oseng hingga matang
Dried prune yang dipotong2 kecil
Whipped cream
1/2 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt gula bubuk

Cara:
1. Di panci kecil, campur santan, krim dan kelapa muda.  Masak hingga hangat.
2. Sementara itu, kocok kuning telur dan gula. Ambil sedikit campuran santan bila terlalu padat dan susah untuk mengaduknya. Masukkan terigu dan maizena. Aduk hingga tercampur rata. 
3. Masukkan sedikit campuran santan kedalam campuran telur sambil terus diaduk menggunakan balloon whisk. Aduk cepat. Terus aduk, dan masukkan sisa campuran santan. Lalu pindahkan kembali kedalam panci. Teruskan memasak sambil diaduk hingga kental dan meletup2.
4. Masukkan custard kedalam wadah. Tutup dengan plastic wrap, plastik menyentuh permukaan custard. Biarkan dingin, lalu masukkan kedalam lemari es. 
5. Setelah custard dingin, lepaskan wrap, oles dengan whipped cream, taburi dengan campuran kayu manis dan gula bubuk. Taburi dengan mixed nuts dan prune.
6. Klappertart siap disajikan.

Di resep ini tidak menambahkan butter karena khawatir akan terlalu greasy karena saya sudah menggunakan santan yang mengandung minyak. Tapi jika ingin ada rasa butternya, feel free to add anything you want. Hehe..



Klappertart kali ini rasanya sesuai dengan selera saya dan suami. Jadi sepertinya tidak akan pindah ke lain hati deh...Hehee...

Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment